Cara Membuat Pengunjung Betah Ada di Blog Kita
Cara Membuat Pengunjung Betah Ada di Blog Kita
Beberapa blog yang pernah dikunjungi tak memperhatikan masalah kenyamanan pengunjung, walaupun memang pada dasarnya ngeblog adalah "Content is King (Tulisan Blog adalah Raja)". Namun, dalam konsep pembangunan website atau blog yang menjadi komponen salah satunya adalah user interface dengan memperhatikan kondisi blog agar user friendly.

Ada satu hal yang paling penting dalam hal ini adalah kecepatan loading blog, hal ini membuat beberapa pengunjung akan malas karena butuh waktu lama. Untuk mengatasi masalah pengunjung agar betah ada di blog kita, beberapa cara berikut ini bisa menjadi pertimbangan untuk diterapkan diblog.

1. Menulis Sesuatu Yang Menarik
Untuk membuat tulisan yang menarik hingga bisa bermanfaat untuk orang lain memang sedikit susah, apalagi jika kita termasuk penulis pemula maka akan membutuhkan waktu lama. Namun, tentu sekarang akan menjadi mudah mencari inspirasi, cukup perbanyak membaca dari beberapa blog yang anda kunjungi dan dapatkan inspirasi hingga bisa dibuat artikel yang menarik. Cara ini biasanya ku lakukan saat mulai jenuh menulis. Adapun cara kita mengukur seberapa besar manfaat tulisan kita adalah dengan jumlah views pada halaman terus meningkat tiap bulan.

2. Template Yang Rapi dan SEO
Untuk pengguna blog pemula sepertinya akan kurang memahami masalah template yang rapi dan mendukung SEO. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan blog kita tidak terlalu panjang menampilkan jumlah post dihalaman depan karena itu akan banyak menghabiskan kuota internet pengunjung. Maka seperti blog ini cukup menampilkan 8 post dan beberapa widget popular yang dibutuhkan oleh pengunjung. Pemilihan warna juga harus disesuaikan dengan warna kesukaanmu, tidak perlu warna-warni apalagi memberikan background gambar yang akan membuat blog semakin lama dibuka.

3. Jangan Terlalu Banyak Widget
Pemasangan widget harus seimbang dengan jumlah post, sehingga pengunjung bisa mengerti apa yang harus mereka lakukan saat pertama berkunjung. Pada blog ini cukup hanya menampilkan popular posts, recent posts, dan juga widget category. Hal ini membuat pengunjung tak merasa bingung harus melakukan apa pada blog ini. Jika dia masuk melalui halaman tulisan, maka akan melihat postingan terbaru dan jumlah postingan populer yang ada diblog ini.

4. Menu Navigasi Yang Baik
Salah satu cara terampuh untuk memanjakan pengunjung agar betah ada diblog kita adalah dengan mengatur menu sebaik mungkin dan sesuaikan dengan fokus pembahasan kita pada blog. Seperti pada blog ini memberikan menu sesuai dengan apa yang menjadi fokus penulisan. Cara ini untuk memudahkan bagi pengunjung yang baru pertama masuk, mereka langsung memahami jenis blog kita.

5. Buatlah Post Relasi Dibawah Postingan
Pemasangan related posts menjadi penting bagi kita agar pengunjung bisa tahu jenis tulisan kita dan yang telah tertulis sebelumnya berdasarkan kategori yang sama. Jadi, jika pengunjung telah membaca satu maka akan ada kemungkinan tertarik untuk membaca postingan lain yang tersedia.

Itulah beberapa Cara Membuat Pengunjung Betah Ada di Blog Kita yang perlu diperhatikan. Cobalah untuk terapkan diblog anda dan perhatikan hasilnya, bahkan jika bisa jadikan seperti blog ini: https://www.halolis.com