Semangat Blogger Menurun (Photo: Unsplash)

Menjadi seorang blogger berarti telah membuat sebuah komitmen besar, karena blogger adalah sebuah tantangan, Jika salah motivasi saat memulai ngeblog maka perlahan semangat akan mulai menurun. Bahkan lebih parah jika saat memulai tak memiliki tujuan, hanya ikut tren tanpa visi yang jelas.

Untuk itu, sebaiknya kita harus memahami dan mulai memperbaiki hal-hal yang menjadi penghalang untuk terus termotivasi menjadi blogger. Beberapa hal berikut ini biasanya yang sering terjadi saat semangat menurun!

1. Ngeblog Tidak Menghasilkan

Saya pernah mengalami hal ini, merasa telah konsisten menulis namun belum menghasilkan apa-apa. Mencoba daftar Adsense ditolak, coba ikut lomba juga jarang menang. Akhirnya semangat mulai turun dan berhenti menulis di blog.

Selama menjadi blogger sudah sering merasakan hal ini, karena bagaimana pun blogger juga butuh biaya untuk mengoperasikan blognya. Walaupun banyak blog gratis dan bisa digunakan dengan baik, tapi membeli domain membuat blogger terlihat serius terhadap pekerjaannya.

2. Kebiasaan Menunda-nunda

Menunda waktu ini sepertinya menjadi masalah umum, karena terkait bagaimana kita menyikapi waktu dan membuat jadwal untuk ngeblog. Masalah yang sering muncul biasanya adalah teralihkan oleh hal lain seperti sosial media. Hingga tertunda waktu untuk menulis dan akhirnya jarang melakukan riset untuk konten baru.

3. Bukan Pekerjaan Utama

Bagi sebagian orang blogger bukan pekerjaan utama, tapi ini adalah komunitas tempat berbagi pengalaman dan menebar manfaat dari setiap informasi yang ditulis. Karena itu blogger hanyalah tempat singgah sebentar untuk menyapa komunitas. Padahal untuk mengelola blog butuh upaya yang tinggi untuk menulis dan mengurus hal lainnya.

4. Merasa Tidak Berbakat

Setiap orang yang memiliki kemampuan hebat dalam menulis, itu karena kebiasaanya membaca dan menulis. Sedangkan kemampuan menulis adalah kebiasaan yang bisa diasah terus-menerus hingga bisa menjadi karya tulisan yang baik. 

5. Kurang Membaca

Zaman sosial media dan gadget canggih seperti hari ini seharusnya ini tidak menjadi masalah, sebab kita bisa membaca dimana saja. Bagi seorang blogger, membaca adalah makanannya. Sebab dari sana akan muncul ide baru untuk berbagi. Disamping itu, membaca akan membuat ilmu pengetahuan yang kita miliki bertambah serta kosa kata pun akan semakin membaik.

Silahkan tulis komentar dibawah, apa yang menjadi penyebab semangat ngeblog kalian menurun?