Kali ini tidak seperti biasanya, postingan artikelku ini bakal menjadi jalan untuk meninggikan derajat blog-ku. Kok bisa? Ya tentu saja bisa (hehehe), karena ini pertama kalinya blog-ku ikutserta dalam event para blogger Indonesia, paling tidak bisa menambah teman yang bisa blogwalking ke blog Halolis.com ini. Masalahnya 1 tahun belakangan ini agak jarang yang kunjungan, biar cepat yuk langsung baca artikel ini!

Tentang Copy Paste, Yuk Kita Bahas!
Membahas tentang permasalahan copy paste didunia maya kayaknya memang enggak bakal ada habisnya, sebab didunia nyata pun masih banyak yang melakukan plagiat atau copy paste sebuah karya yang kemudian di klaim sebagai karyanya sendiri. Apalagi didunia maya, terutama di dunia blogger yang akan kita bahas sekarang ini, para pengunjung bisa dengan mudah copy paste tanpa ada pengawasan sedikitpun dari si pemilik. Hal itu pun akan berdampak buruk pada pencarian blog kita di google, sebab biasanya crawl yang dilakukan oleh google secara teratur tidak akan membaca artikel yang sebelumnya sudah ada dalam daftar pencarian. Maka, harus timbul kesadaran dari tiap pengguna blog untuk melakukan  "Berantas Blogger Copas"

Walaupun copy paste wajar terjadi jika kita lihat dari tujuan pemilik blog yaitu untuk berbagi dan memberi informasi kepada pengunjung, copy paste pun sewaktu-waktu pasti akan terjadi. Namun menjadi sangat miris ketika semua isi artikel dalam blog pengunjung yang melakukan copas tanpa melakukan editing sama sekali. Blog-nya pun justru berisi artikel hasil copas semua tanpa memperhatikan kreatifitas dirinya sendiri. Akhirnya kreatifitas dibuang demi mendapatkan pengunjung dan jumlah page yang besar, padahal blogger sejati harusnya selalu mengatakan #SayNo2Copas untuk isi artikelnya.

Menjadi Copaser Inovatif
Menjadi copaser memang kesannya terlihat buruk, namun jika memang tidak bisa menulis dan mentok tidak bisa mendapat inspirasi, mungkin langkah-langkah ini bisa menjadi salah satu alternatif menjadi copaser inovatif:
  1. Lakukanlah editing pada hasil copas mulai dari judul sampai sebagian isi artikel.
  2. Jangan lupa cantumkan link utama ketika pertama kali kita mendapat artikel itu.
  3. Jika perlu berikan backlink sumber artikel, agar sama-sama menguntungkan.
  4. Gunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi), jangan sampai ATP (Amati, Tiru, Plek).
Kira-kira langkah-langkah seperti itu bisa kita terapkan untuk menjadi blogger #AntiCopas. Jika misalkan ingin tahu cara menulis yang baik silahkan cari di artikel saya Cara Menulis Artikel di Blog ini.

Amankan Tulisan Blog Kita
Jika misalkan kita khawatir blog kita menjadi sasaran empuk pada copaser yang tidak bertanggung jawab, maka ada langkah alternatif untuk mengamankan isi artikel kita. Misalkan kita berikan setifikat "Protection DMCA" dan melaporkan jika ada yang copas tak bertanggung jawab atau pun "Monitor BlogCopy" yang tersedia untuk para pengguna Blogger.

Jadi, jika misalkan kita melihat ada yang tidak bertanggung jawab terhadap hasil copas dari kita, maka kita tinggal melaporkan, agar link artikel di blog copaser itu di blacklist.

Pertimbangkan Idealis Agar Menjadi Blogger Kreatif
Salah satu cara agar bisa menjadi idealis dalam menulis diblog, saya pikir dengan mengganti nama domain blog. Karena dengan adanya dorongan itu, ternyata kita lebih mempertimbangkan keadaan blog agar bisa terisi dengan karya yang original. Kalau misalkan pertimbangannya tidak cukup finansial, separtinya banyak promo yang disediakan oleh Web Hosting Indonesia kepada para pengguna blog. Salah satunya @Qwordsdotcom yang sedang mengadakan kampanye memberantas blogger tukang copas dan memberikan domain gratis bagi pemenang lomba menulis. Saya rasa itu bisa menjadi salah satu cara untuk bisa mendapatkan domain gratis dan menjaga kreatifitas kita menjadi lebih baik.
Copy Paste, Menghilangkan Kreatifitas Blogger
Semoga bermanfaat!
[Halolis.com]