Meningkatkan Pagerank Setelah Ganti Domain

Tepatnya pada bulan maret tahun lalu sampai bulan maret kemarin, blog-ku memiliki domain spesial yang kuberi alamat www.halolis.com, namu pada bulan maret kemarin jugalah habis masa kontraknya dengan pihak hosting. Sebenarnya sangat disayangkan sih, tapi mau bagaimana lagi kalau finansial tidak mendukung untuk bisa mempertahankannya. Kok kebetulan sekali, pas belum ada rezeki yang lebih untuk mengganti pembayaran hosting itu. Tapi tak apa-apa lah, yang penting bisa nulis dan memberikan manfaat untuk orang lain, insyaallah masih bisa berkah.

Nah, setelah kehabisan kuota hosting itu ternyata ada beberapa resiko yang harus aku alami pada blog-ku salah satunya kehilangan pagerank di google. Sebenarnya banyak sih masalah lainnya, mari kita bahas dulu dibawah ini!

Saat Blog-ku Kehilangan Pagerank
Selama menggunakan domain, memang tak bisa dipungkiri kalo blog-ku menurut alexa pagerank menduduki angka ratusan, aku lupa tepatnya angka berapa?. Tetapi yang jelas beberapa artikelku saat melakukan pencarian digoogle menempati posisi halaman satu, dan itu cukup memuaskan bagiku yang masih newbie menggunakan blog. Namun berbeda setelah aku beralih ke blogspot dan mengganti nama domain www.halolis.com menjadi halolis.blogspot.com, semua pagerank itu hilang begitu saja dan menjadi "0" kembali. Akhirnya dengan susah payah aku mengembalikan pagerank itu hingga menjadi peringkat 2 juta dunia selama 2 bulan.

Untuk mengembalikan pagerank kita ada beberapa hal yang kulakukan, yaitu:
  1. Melakukan Submit URL Artikel di Google Submit dan Bing Submit. Yang satu ini memang cukup efektif untuk kembali meningkatkan pagerank kita, sebab google akan kembali memperbarui database pencariannya melalui url-url yang baru disubmitkan dalam daftar pencarian. Sehingga robot google akan melakukan crawl ulang artikel yang sama dan mengubah alamat blog yang sebelumnya dalam bentuk .com menjadi .blogspot.com.
  2. Melakukan Verifikasi HTML Tag. Yang ini memang tidak memberikan pengaruh besar bagi blog kita, namun ternyata untuk membuat blog kita semakin cepat mendapatkan meta tag dari google yaitu harus verifikasi blog kita di webmaster google.
  3. Melakukan Submit Artikel di Web Dofollow. Untuk submit artikel di web dofollow sepertinya akan cukup efektif di VivaLog, sebab disana ada ribuan bahkan jutaan pengguna blog yang melakukan submit artikelnya disana. Pada saat artikel kita melintas di Viva Log dan kelihatan menarik, maka pengunjung mau tidak mau harus penasaran juga dan mengunjungi blog kita. Sebenarnya bukan itu saja, masih banya web dofollow lainnya seperti lintas.me dan beberapa yang lainnya.
  4. Melakukan Blogwalking Ke Tetangga Blogger. Saat kita melakukan blogwalking dan meniggalkan jejak di blogger tetangga, maka saat itu pula kita menunjukkan eksistensi blog kita. Karena aku juga pernah mengalami hal ini, ketika blogku masih menjadi sepi pengunjung dan follower. Aku sering melakukan kunjungan kemana-mana dan ternyata cukup efeketif sampai bisa membentuk backlink in disalah satu web. Dan tentu itu berpengaruh pada susunan pagerank di alexa.
Demikian beberapa artikel tentang meningkatkan pagerank blog setelah ganti domain ini. Sepertinya hal ini juga berlaku untuk yang mengganti domain dari .blogspot.com menjadi .com, dan pastinya juga untuk para blogger pemula hal ini sangat berguna dengan mengikuti langkah-langkah diatas. Semoga bermanfaat!