Konsisten Menulis di Blog

Menulis adalah kunci utama seorang blogger, karena sudah sering terdengar dan dibaca oleh kita bahwa content is king. Jika tidak dengan menulis, lalu dengan apa blog kita akan diisi? Beberapa hal berikut ini yang bisa kita lakukan agar bisa tetap konsisten menulis:

1. Banyak Membaca

Membaca adalah kunci bagi seorang blogger. Membaca akan menelurkan ide cemerlang dan membuat ilmu pengetahuan yang kita miliki bertambah. Membaca juga akan mendorong seseorang untuk menyampaikan apa yang telah dibacanya, maka bagi blogger menulis adalah cara penyalurannya.

2. Sering Menulis

Menulis adalah kemampuan yang bisa diasah, semakin sering menulis maka semakin terasah pula kemampuan kita. Ibarat senjata, jika sering diasah maka akan semakin tajam dan mudah untuk digunakan.

3. Pasang Target Blog

Target memiliki peran penting untuk melatih kita untuk berkomitmen. Misalnya target kita sehari menulis 1 jam, maka kita harus menulis 1 jam setiap harinya. Apalagi kalau kita menyertakan hukuman jika tak menepati, maka kita memaksa diri sendiri untuk menjadi berdisiplin. Selain itu kita juga memberikan hadiah untuk diri kita sendiri setelah berhasil melakukannya.

4. Ingat Tujuan Blogging

Mengingat tujuan blogging adalah penting, apalagi saat kita diambang rasa malas, karena pada dasarnya, orang itu berbuat sesuatu untuk meraih tujuan tertentu.

5. Lihat Karya Tulisan Blogger Lain

Dengan melihat karya blogger lain, kita dapat mengetahui kekurangan tulisan kita, sekaligus belajar untuk memperbaiki kesalahan. Jika memungkinkan, kita bisa bertanya pada orang yang lebih menguasai dunia kepenulisan.

Coba sebutkan apa yang membuatmu konsisten menulis di blog!