UC Browser Tercepat dan Hemat Data
UC Browser dan Blog Kholis Ibn Hamzah
Review ini bukan dalam rangka lomba atau dibayar, hanya saja untuk menceritakan pengalaman aja selama menggunakan UC Browser. Ternyata iklan yang ditayangkan di youtube dan beberapa iklan baris lainnya benar membuktikan kecepatan menggunakan browser yang satu ini.

Aplikasi UC browser ini ternyata dirilis dan didirikan di Beijing tepat pada bulan April 2004 dalam format aplikasi Java oleh tim UC mobile LTD yang di pimpin oleh seorang laki laki yang bernama Yu Yongfu yang merupakan CEO UCWeb. (wikipedia)

Adapun beberapa fitur yang diberikan dan membuat pengguna menjadi nyaman dan tak penuh perhitungan untuk pengguna internet dengan kuota terbatas. Fitur tersebut adalah sebagai berikut:

Fitur Add-OnUC
Sebagai penyedia aplikasi browser yang mengandalkan kecepatan, maka tidak etis jika tidak mendukung fitur Add-On yang sekarang mengharuskan pengguna internet memilikinya. Menurut wikipedia Fitur Add-On yang disediakan oleh UC Browser terdiri dari:
  • Save Page, dapat menyimpan halaman favorit anda.
  • Facebook Lebih Cepat, membukanya menjadi lebih cepat karena mendukung facebook dalam tampilan simple maupun seperti aplikasi Facebook. UC Browser juga dapat membuka Facebook dengan lancar dan tidak pernah salah menuju link halaman Facebook yang dituju
  • Clipboard, mengingat lebih banyak yang telah anda salin
  • Screenshot, UC Browser memudahkan anda untuk screenshot
  • Penelusuran Lebih Cepat, jika anda merasa lama membuka halaman, dengan mengklik tombol ini anda dapat membuka halaman lebih cepat
  • Selain itu masih banyak lagi Fitur Add-On yang di miliki Oleh UC Browser


Tema/Wallpaper
Untuk fitur yang satu ini sepertinya memang semua browser memiliki khas sendiri untuk memilih tema. Namun ada beberapa yang kurang enak menurut saya, desain interface masih kurang mengenal kenyamanan pengguna. Mulai dari jarak line-height yang terlalu besar hingga penempatan link browser yang ada diatas tab browser. Beberapa tema yang disediakan pun akhirnya seperti itu.

Download Lebih Cepat
Untuk fitur yang disediakan UC Browser ini, memang terasa sekali saat ada didesa yang notabene sinyal 3G masih sulit ditemukan. Untuk download file maupun upload, terasa lebih cepat dan hemat waktu. Fitur pause dan melanjutkan saat gagal mendownload juga memanjakan pengguna untuk tidak menghabiskan kuota banyak untuk browsing lagi.

Mendukung Pengetikan Keyboard Emoticon
Sepertinya yang keyboard emoticon lagi marak digunakan, emoticon yang menampilkan khas tupai ini menarik dan emoticon yang anda hasilkan pun bagus.

Lebih Lancar Streaming Video
Karena fitur pendukung flash dan beberapa fitur untuk membaca frame video, UC browser mendukung semua format sehingga dengan semboyan cepatnya pun akan membuat kita dimanjakan dengan lancarnya streaming vide.

Selain hemat kuota dan cepat browser ini juga terasa ringan untuk kinerja laptop. Untuk tipe pekerja berat seperti saya, misalkan harus buka CorelDraw dan Adobe Premiere secara bersamaan terasa lebih ringan. Pada browser sebelumnya kalau sudah koneksi internet dan bukan browser langsung makan RAM dan membuat semuanya terasa lemot.

Padahal resource ada di Internet dan browser makan RAM, ini tak menyelesaikan solusi. Karena itulah saya memilih UC Browser sebagai browser yang handal dan 30% lebih cepat dari browser lainnya. [] Hahah, review iseng... :D